Entri Populer

Selasa, 14 Januari 2014

Bunga-Bunga Unik, Koleksi Kebunku

Selain menulis dan fotografi, hobiku yang lain adalah berkebun. Aku biasanya mengisi waktu di hari libur dengan travelling atau berkebun. Mencurahkan segala waktu dan tenagaku untuk merawat tanaman-tanaman kesayanganku akan mengurangi rasa jenuhku. Menanam, merawat dan menanti tanaman-tanaman itu hingga berbunga membuatku merasa bahwa jerih payahku tidak sia-sia. Melihat warna-warni bunga yang menghiasi setiap sudut kebun kecilku, terasa seakan aku berada di dunia yang berbeda.

Aku biasanya menanam tanaman yang sedikit langka atau jarang ditanam oleh orang lain. Beberapa tanaman bunga unik yang kumiliki yaitu Bunga Desember, Bunga Terompet/Campanula, Bunga Gerbera, Bunga Baby Blue dan Bunga Zephyranthes Super Pink.
 
Bunga Desember yang masih kuncup (dok.pri)
Bunga Desember yang mekar (dok.pri)
Bunga Desember biasanya akan memekarkan bunganya pada awal musim hujan (normalnya pada Bulan Desember), didominasi warna merah terang dan berbentuk seperti bola sehingga disebut juga Blood Lily atau Powderpuff Lily. Setelah berbunga akan diikuti tumbuhnya daun-daun baru yang rimbun serta akan memproduksi anakan-anakan baru berupa umbi dan biji.

Kuncup bunga terompet (dok.pri)
Bunga terompet yang mekar (dok.pri)
Bunga terompet atau nama ilmiahnya Campanula carpatica. Bunga ini ketika belum mekar bentuknya mirip seperti balon dan ketika sudah mekar bentuknya seperti lonceng. Bunga ini sering muncul dalam mitos fairytale sebagai bunga yang menjadi rumah-rumah para peri. Bunga campanula ini umumnya berwarna biru atau cenderung ungu sebagai ciri khas musim semi di daerah asalnya di Inggris. Bunga ini jarang kutemukan ditanam di Indonesia karena bunga ini bukan bunga asli Indonesia. Oleh karena itu, aku mengkoleksi bunga ini di kebunku, namun aku bersyukur walaupun ini bunga impor tapi di tempatku tinggal, bunga ini bisa mekar setiap hari. Nah setelah selesai berbunga dan kering maka kita bisa mengambil biji-bijinya yang kecil dan berwarna hitam (terdapat dalam buah yang bentuknya mirip kapsul) untuk disemai kembali.

Bunga Gerbera atau Daisy Kuning yang hampir mekar (dok.pri)
Bunga Daisy Kuning yang sudah mekar (dok.pri)
Bunga Gerbera atau Daisy adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini punya banyak kultivar dengan bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Kebetulan kultivar yang aku punya berwarna kuning dengan 2 lapis rangkaian daun mahkota (ray floret). Bunga Daisy Kuning ini sering berbunga terutama saat musim penghujan dimana suhu udara tidak terlalu panas (maklum bunga ini sebenarnya tumbuh di tempat yang bersuhu dingin/sejuk). Bunga ini juga akan terus menghasilkan anakan-anakan yang bisa dikembangbiakkan. Dulu aku hanya punya satu tanaman ini, tapi sekarang sudah ada 3 anakannya yang ditanam di pot yang berbeda. Aku suka karena warna kuningnya yang cantik seperti warna sinar matahari yang hangat ^^

Kuncup Bunga Zephyranthes Super Pink (dok.pri)
Bunga Zephyranthes Super Pink yang mekar (dok.pri)
Zephyranthes adalah nama genus dari sekitar 70 spesies tumbuhan bawang-bawangan dan biasa dikenal lili peri atau lili hujan, tumbuh bergerombol dengan bunga mekar serempak. Spesies Zephyranthes yang aku punya adalah yang super pink (bunganya 2x lebih besar dari pink yang biasa). Bunganya muncul biasanya setelah musim hujan datang/hujan deras, ini sebabnya bunga ini mendapat julukan lili hujan. 

Bunga Baby Blue yang sedang mekar (dok.pri)
Nah, ini adalah bunga favoritku di kebun. Bunga Baby Blue atau nama ilmiahnya Nemophila sp. merupakan bunga dari keluarga Hydrophyllaceae. Bunga ini berasal dari Amerika dan umumnya berwarna biru. Tanaman ini biasa digunakan sebagai penutup tanah (seperti permadani biru mungkin jika ditanam di lahan yang luas saat berbunga serempak). Namun, sayangnya bunga ini aku tanam di pot dan jika ditaruh di tempat panas maka bunga ini pasti sangat rajin berbunga (hampir setiap pagi aku bisa melihat bunga birunya yang cantik lho). Apabila pemangkasan rutin dilakukan maka bunga-bunga yang mekar akan semakin banyak (tanaman ini juga sangat cepat pertumbuhannya dan mudah dikembangbiakkan melalui stek batang).

Nah, itu semua koleksi bunga unik yang ada di kebunku. Sebenarnya masih banyak lagi jenis bunga yang aku koleksi. Lain kali aku akan share mengenai jenis bunga lainnya.

Sebenarnya aku ingin mengkoleksi tanaman bunga lebih banyak lagi, tapi karena terkendala dengan lahan maka hanya beberapa saja yang bisa aku tanam dengan sistem tabulampot ^^


2 komentar:

  1. aa~, cantiknyaaaa (´▽`ʃƪ)♡
    wktu masih sma dulu sy jg suka nanam bebungaan.
    tp sjk mulai kuliah gak lagi. soalnya ngekos n jdwal kuliah padat :(
    ha~ berkebun itu emang menenangkan yaa ^^

    BalasHapus
  2. Saya ingi menyakan?,bunga ini namanya bunga apa ya?terimakasih banyak

    BalasHapus